Apakah Virus Corona Covid-19 Bukan dari Laboratorium Wuhan?

Virus Corona Covid-19 Bukan dari Laboratorium Wuhan

Jakarta – Tim Peneliti Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dari 10 negara meninggalkan China pada Rabu 10 Februari 2021. Mereka selama hampir sebulan menginvestigasi asal-usul virus corona jenis baru atau SARS CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Tim WHO ke China lebih dari setahun usai virus Corona Covid-19 pertama kali dilaporkan terdeteksi di Kota Wuhan, Desember 2019. Kemungkinan adanya kebocoran virus Corona Covid-19 dari laboratorium di Wuhan, menjadi salah satu fokus perhatian para peneliti.

Adapun sehari sebelum meninggalkan China, Peter Ben Embarek selaku pimpinan tim WHO menggelar konferensi pers. Dalam jumpa pers tersebut, Embarek mengungkapkan hasil investigasi timnya di Kota Wuhan.

Misi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengungkap asal virus corona gagal mengidentifikasi hewan apa yang membawa virus tersebut.Selama sepekan lebih tim ahli WHO berada di Wuhan, China, untuk meneliti asal virus corona. Mereka bekerja sama dengan peneliti China.

Tim tersebut mencoba memecahkan misteri dari mana virus itu berasal. Dugaan kuat yang beredar, virus corona dibawa dari kelelawar.

Virus lalu diduga ditularkan kelelawar ke manusia lewat mamalia lain.
Setelah sepekan lebih penelitian, ternyata sumber corona yang diduga berasal dari hewan apa belum bisa terungkap.

“Sejauh ini inang penampungnya masih harus diidentifikasi,” kata kepala tim peneliti China, Liang Wannian, seperti dikutip dari AFP.
Liang menambahkan, virus tersebut juga tak terindikasi beredar di Wuhan sebelum Desember 2019, saat kasus pertama COVID-19 muncul.

Menambahkan Liang, pakar WHO Ben Embarek juga sepakat wabah itu tak ada di Wuhan sebelum 2019.

Investigasi tim WHO di Wuhan sendiri diselimuti berbagai kontroversi. Tim tersebut diawasi ketat China. Media tidak diizinkan mewawancarai tim WHO.
Kegiatan tim hanya terpantau dari unggahan sosial media para anggota. Mereka diketahui telah mengunjungi pasar makanan laut Wuhan hingga institut virologi Wuhan.

Kedua tempat tersebut diduga sebagai lokasi kemunculan wabah yang sudah menewaskan dua juta penduduk dunia.
Asal-usul virus corona sejak kemunculannya menjadi misteri besar. Amerika Serikat menuduh China menyembunyikan fakta-fakta.
China membantah tudingan. Beijing malah menyebut corona sudah ada di luar China sebelum peristiwa Wuhan.

Leave a Reply