Histori Tentang Personil Smash”Rafael Tan Pernah Memeluk 3 Agama Sekaligus

Cerita Rafael Tan Peluk 3 Agama Sekaligus

Najica.com – Artis Rafael Tan mengungkap cerita mengejutkan. Personel boyband SM*SH itu mengaku sempat memeluk tiga agama sekaligus.

Pengakuan Rafael Tan diketahui usai tampil di Channel YouTube Daniel Mananta. Mulanya ia diminta bercerita soal asal usul dirinya.

“Gue itu anak pertama yang dilahirkan dari keluarga sederhana di Garut. Waktu itu bokap gue seorang wiraswasta tukang jual baju dan nyokap gue tukang jual makanan.

Dan gue sekarang itu total 5 bersaudara. Waktu itu nyokap bokap gue divorce, saudara kandung gue 1 yang cewek, saudara tiri gue 3,” ujar Rafael

Rafael Tan lalu mengatakan sejak kecil sudah mengenal tiga agama. Ayahnya seorang muslim, ibundanya beragama Buddha, lalu dirinya dimasukkan ke gereja.

“Gue juga dibesarkan dengan berbagai macam budaya, berbagai macam agama. Bokap pas gue lahir itu sudah muslim, nyokap Buddha, tapi gue waktu kecil di gereja.

Dari umur 1 sampai kelas 1 SD masih ikut-ikutan ya berdoa gitu-gitu saja,” tutur Rafael.

Rafael Tan menceritakan soal awal dirinya dimasukkan ke gereja. Ketika itu, ibundanya ingin Rafael bisa mengikuti sekolah menyanyi.

Kemudian Rafael Tan mengungkap bagaimana dirinya hidup dengan tiga agama sekaligus. Itu terjadi waktu dirinya kecil sampai beranjak remaja.

“Tiga-tiganya. Bingung, kan? Misal hari Minggu paginya gue ke gereja sekolah minggu, siangnya gue ikut nyokap di Wihara ada belajar kitab Tripitaka, sorenya bokap salat maghrib gue ikut salat juga. Gue punya sajadah, sarung, peci di rumah. Pas lihat nyokap berdoa, gue juga mau ikutan,” kata Rafael.

Rafael Tan mengaku tak pernah diberi ilmu soal agama dari kedua orang tuanya. Makanya ia sempat percaya tidak percaya akan adanya Tuhan.

“Bokap nyokap nggak ngasih gue pengetahuan agamanya, jadi gue yang kayak ya sudah. Gue percaya tidak percaya Tuhan. Tapi meskipun gue dari kecil jalankan 3 agama itu, tapi gue selalu berdoa sama Tuhan Yesus,” ujarnya.

Kini Rafael Tan mantap memeluk agama Kristen. Hal itu terjadi usai dirinya dibaptis setahun yang lalu.

Leave a Reply