Komedian Yanto Tampan Meninggal Dunia

2 Minggu Sebelum Meninggal, Yanto Tampan Pasrah dengan Kondisinya

Najica.com – Dunia hiburan kembali berduka. Aktor sekaligus pelawak Yanto Tampan, meninggal dunia, hari ini, Jumat (26/2).
Kabar ini pertama kali diketahui dari unggahan Instagram Narji Cagur. Ia mengunggah potret Yanto Tampan, dan mengumumkan bahwa sang komedian sudah meninggal.

“Innalillahi.. Selamat jalan sahabatku Yanto Tampan. Semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya,” berikut isi tulisan di gambar yang diunggah Narji di Instagram.

Di kolom keterangan, Narji juga kembali menuliskan ucapan bela sungkawa. Ia berdoa yang terbaik untuk sang sahabat.

“Kami segenap@pengurus dan anggota @bantenpaski turut berduka cita yang sedalam dalamnya atas meninggal nya almarhum
@yantotampan semoga amal ibadahnya mendapatkan balasan yg terbaik dr Allah SWT Amin,” tulisnya.

Yanto Tampan mulai dikenal lewat perannya sebagai Acip dalam sinetron Para Pencari Tuhan. Dalam sinetron itu, ia beradu akting dengan banyak aktor ternama. Mulai dari Deddy Mizwar, Tora Sudiro, dan aktor populer lainnya.

Yanto Tampan meninggal dunia di usia 60 tahun. Yanto meninggalkan seorang istri, empat anak, serta tujuh cucu.

Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) Evry Joe mengatakan, Yanto meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Yanto telah mengidap penyakit sirosis hati sejak tahun 2018.

“Jadi livernya itu pembuluh darahnya ada varises. Saya baru dapat kabar setelah telepon anaknya,” ucap Evry lewat pesan singkat WhatsApp, Jumat (26/2/2021).

Kondisi Yanto Tampan memburuk baru setahun terakhir ini. Sebagai informasi, sirosis hati adalah penyakit yang mengakibatkan cedera hati yang terjadi dalam jangka waktu lama dan menimbulkan kerusakan serius pada struktur hati.

Yanto Tampan sempat disemayamkan di rumahnya di kawasan Bojonggede, Bogor. Sementara, Yanto Tampan dimakamkan di pemakaman Layur, Penggilingan, Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat kemarin.

Meninggalnya Yanto Tampan memang menyisakan duka sendiri bagi sahabat-sahabat Yanto Tampan. Salah satunya keluarga besar PB Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi).

“Kami keluarga besar PB Parfi mengucapkan turut berduka sedalam-dalamnya atas berpulangnya sahabat kita, aktor/komedian senior bang Yanto Tampan. Semoga beliau berpulang dengan husnul khotimah,” ucap Evry.

Tak hanya PB Parfi, Derry Empat Sekawan juga mengungkapkan rasa dukanya kepada sahabat. Derry mengunggah foto momen kebersamaannya dengan Yanto Tampan dan sahabat artis lainnya di Instagram-nya @derry4sekawanreal.

Dalam keterangan foto yang diunggahnya, pemilik nama Derry Sudarisman ini mengungkapkan rasa dukanya untuk sang sahabat. “Innalillahi wainalilahi Roji’uun selamat jalan sahabatku YANTO TAMPAN,” tulis Derry

Semasa hidup, Yanto Tampan dikenal sebagai aktor yang super jenaka.

Yanto Tampan populer setelah memerankan tokoh Bang Acip dalam sinetron Para Pencari Tuhan. Chemistry Bang Acip dengan Bang Jack yang dimainkan oleh Deddy Mizwar dikenang masyarakat hingga kini.

Yanto Tampan berperan sebagai Acip sampai Para Pencari Tuhan Jilid ke 13 yang tayang pada 2020. Yanto Tampan juga pernah bermain dalam sinetron Kiamat Sudah Dekat.

Ia juga berakting dalam Pesantren Rock n’ Roll pada 2019 bersama Aliando Syarief. Yanto pernah pula membintangi sinetron Romantika di Rusun pada tahun yang sama 2019 bersama Ricky Harun.

Leave a Reply