Manfaat Musik Bagi Kesehatan Mental, Menjadikan Jiwa Lebih Sehat

Musik menjadi media hiburan bagi banyak orang. Musik juga cocok menemani setiap kegiatan kita, seperti ketika bekerja, belajar, bersantai, atau hendak tidur.

Selain sebagai hiburan, musik ternyata juga menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan mental kita.

Musik terkadang juga dijadikan sebagai penenang diri dan pelarian bagi orang yang sedang memiliki banyak pikiran. Mereka menganggap musik dapat memberikan ketenangan dan rasa nyaman dalam diri. Namun, itu semua juga bergantung pada jenis musik yang didengarkan.

Musik bisa menjadi peningkat energi, relaksasi, dan mengubah suasana hati seseorang. Berikut ini, dilansir dari veywellmind.com, beberapa manfaat musik bagi kesehatan mental yang bisa membantu menyehatkan kondisi jiwa Anda.

Manfaat musik bagi kesehatan mental yang pertama adalah dapat meningkatkan kinerja kognitif. Penelitian menunjukkan bahwa musik latar, atau musik yang dimainkan ketika pendengar berfokus pada kegiatan lain, dapat meningkatkan kinerja pada tugas-tugas kognitif terhadap orang dewasa.

Jadi pada saat Anda mengerjakan tugas, Anda bisa menyalakan sedikit musik jika Anda membutuhkan peningkat kinerja. Daripada mendengarkan lagu dengan lirik yang rumit, pilih lagu instrumental karena lagu dengan lirik berpotensi mengganggu pikiran Anda.

Manfaat musik bagi kesehatan mental yang kedua adalah dapat mengurangi stres. Musik dapat membantu mengurangi atau mengelola stres. Anda bisa mencoba musik yang berpusat pada melodi yang meditatif yang diciptakan untuk menenangkan pikiran dan relaksasi.

Dalam sebuah studi pada 2013, peserta mengambil bagian dalam salah satu dari tiga kondisi sebelum terkena stressor dan kemudian mengambil tes stres psikososial. Beberapa peserta mendengarkan musik yang menenangkan, yang lain mendengarkan suara gemericik air, dan sisanya tidak menerima rangsangan pendengaran.

Hasilnya menunjukkan bahwa mendengarkan musik berdampak pada respon stres manusia, terutama sistem saraf otonom. Mereka yang mendengarkan musik cenderung pulih lebih cepat setelah stres.

Manfaat musik bagi kesehatan mental yang ketiga adalah dapat meningkatkan daya ingat. Banyak orang yang menikmati mendengarkan musik saat mereka belajar, sementara yang lain berpendapat bahwa itu hanya berfungsi sebagai gangguan.

Penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin membantu, tetapi itu tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis musik dan pendengar musik. Studi lain menemukan bahwa siswa yang sering mendengarkan musik cenderung belajar dengan lebih baik, ketika mereka mendengarkan musik netral. Ini bisa terjadi karena jenis musik ini kurang mengganggu dan lebih mudah diabaikan.

Jadi, meskipun musik memiliki efek pada daya ingat seseorang, hasilnya pun dapat bervariasi tergantung pada individu. Jika Anda cenderung merasa terganggu oleh musik, Anda mungkin bisa belajar lebih baik tanpa musik.

Manfaat musik bagi kesehatan mental yang keempat yaitu bisa membantu Anda tidur lebih baik. Insomnia adalah masalah serius yang banyak dialami oleh orang-orang. Meskipun ada banyak pendekatan untuk mengobati masalah ini, penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi obat yang aman, efektif, dan terjangkau.

Dalam sebuah studi yang mengamati mahasiswa, para peserta diajak mendengarkan musik klasik, audiobook, atau tidak mendengarkan apapun sama sekali. Satu kelompok mendengarkan musik klasik santai selama 45 menit, sementara kelompok lain mendengarkan audiobook sebelum tidur selama tiga minggu. Para peneliti menilai kualitas tidur sebelum dan sesudah intervensi.

Studi ini menemukan bahwa peserta yang mendengarkan musik memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada mereka yang mendengarkan audiobook atau yang tidak menerima intervensi sama sekali.

Manfaat musik bagi kesehatan mental yang kelima adalah mengurangi gejala depresi. Para peneliti menemukan bahwa terapi musik dapat menjadi pengobatan yang aman dan efektif untuk berbagai gangguan pikiran, termasuk depresi.

Sebuah studi yang muncul dalam World Journal of Psychiatry menemukan bahwa selain mengurangi depresi dan kecemasan pada pasien yang menderita kondisi neurologis, terapi musik tidak menunjukkan efek samping negatif.

Satu studi menemukan bahwa walaupun musik dapat berdampak pada suasana hati, jenis musik yang didengarkan juga menjadi faktor penting. Para peneliti menemukan bahwa musik klasik dan meditasi menawarkan manfaat untuk meningkatkan suasana hati. Sementara musik heavy metal dan techno justru tidak efektif dan bahkan merugikan.

Manfaat musik bagi kesehatan mental yang terakhir adalah sebagai peningkat mood atau suasana hati. Manfaat musik yang sudah banyak diketahui adalah dapat membuat Anda lebih bahagia.

Peneliti menemukan bahwa musik memainkan peran penting dalam menghubungkan gairah dan suasana hati. Peserta menilai musik dapat membantu mereka mencapai suasana hati yang lebih baik.

Leave a Reply